Tuesday, 13 April 2010

Pak Susno Ditangkap

Itu Headline breaking news Metro TV yang secara gak sengaja saya nonton. Metro TV menayangkan detik-detik ditangkapnya Pak Susno di airport ketika mau berangkat berobat ke Singapura. Selain itu tampak pula petugas kepolisian yang menghalang-halangi kameramen Metro TV tersebut yang sedang mengambil gambar.

Menurut pihak kepolisian Pak Susno ditangkap karena melanggar disiplin yaitu : tidak melapor ke Kapolri tentang kepergiannya ke luar negeri. Saya sebagai orang awan yang tidak tahu menahu soal peraturan disiplin POLRI jadi mikir...benarkah itu? Penangkapan itu jelas akan ditanggapi berbeda oleh masyarakat. Seperti saya. Mungkin memang benar Pak Susno melanggar disiplin. Tapi apa hanya karena itu? Bukan karena seorang Susno telah membongkar adanya markus di tubuh organisasinya yang melibatkan banyak orang penting? Petinggi-petinggi di tubuh organisasinya?

Saya jadi berpikir : itukah yang akan didapatkan oleh orang-orang yang berusaha mengungkapkan kebenaran di negara ini? Yah, setelah mengungkapkan kebenaran, organisasinya sepertinya hendak menyerang balik dengan mengungkapkan kasus Susno di masa lalu. Seandainya Pak Susno tidak mengungkapkan tentang Markus di tubuh organisasinya, apakah kasus yang disangkakan padanya akan diungkap?? Saya kira tidak.

Saya seperti melihat adegan film India tempo doeloe sedang berlangsung di negara ini. Dimana polisinya korup, pejabatnya korup, dan ketika ada yang ingin mengungkapkan dan membela kebenaran, mereka malah ditindas.

Belum lagi petugas yang menghalang-halangi kameramen. Apa maksudnya? Mau menunjukkan arogansi organisasi? Mau mencerminkan inilah wajah organisasi mereka???

Saya miris, sungguh miris...


2 comments:

deedz said...

no comment !!!!!!

rizal said...

nyepam aja..pa kabar...???